Capaian Pembelajaran Lulusan merupakan rumusan tujuan yang hendak dicapai dan harus dimiliki oleh semua lulusan dan menjadi pernyataan mutu lulusan. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Pattimura mengikuti Capaian Pembelajaran Kurikulum Berbasis KKNI level 6 berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 dan Standar Pendidikan Jenjang Sarjana bidang Ilmu dan Teknologi Pangan sesuai KKNI, edisi Revisi 2022 PATPI. Capaian pembelajaran Program Studi THP meliputi ketrampilan umum, ketrampilan khusus, sikap, dan pengetahuan.
SIKAP (S) | Capaian Pembelajaran Lulusan |
---|---|
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius | |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila | |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan bercirikan kearifan local | |
KETERAMPILAN UMUM (KU) | |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian THP | |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur | |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data | |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya | |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran mandiri | |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi | |
KETERAMPILAN KHUSUS (KK) | |
Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip teknologi hasil pertanian untuk diformulasikan dalam teknik pengembangan produk, perancangan proses, dan perancangan pabrik secara terpadu. | |
Mampu merancang proses penambahan nilai terhadap bahan hasil pertanian berdasarkan prinsip ilmu pangan/hasil pertanian dengan memadukan berbagai unit operasi untuk menghasilkan produk pangan atau non-pangan yang aman dan bermutu. | |
Mampu merancang dan melaksanakan program pemberdayaan dan optimalisasi potensi yang ada di masyarakat dan kearifan lokal | |
Menguasai keterampilan yang unggul dalam mengembangkan inovasi teknologi hasil pertanian berdasarkan potensi sumber daya alam yang tersedia dengan menggunakan konsep ilmu dan metode analisis yang tepat | |
Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan tentang aspek teknis dan non-teknis, berpikir secara kritis dan bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, bekerja dalam tim, berinteraksi dengan orang yang berbeda latar belakang, terampil dalam berorganisasi dan memimpin dalam berbagai situasi, memanfaatkan sumber-sumber informasi, serta memiliki komitmen terhadap profesionalisme dan nilai-nilai etika. | |
PENGETAHUAN (P) | |
Mampu memahami dan menguasai pengetahuan tentang bahan baku pangan/hasil pertanian, struktur kimia, peranan dan sifat; perubahan-perubahan yang terjadi saat panen, penyimpanan dan selama pengolahan; pengaruhnya terhadap karakteristik dan umur simpan produk; metode analisis kimia komponen pangan/hasil pertanian | |
Mampu memahami dan menguasai pengetahuan tentang pertumbuhan dan pengendalian mikroorganisme dalam pangan/hasil pertanian; prinsip pengawetan dan pengolahan pangan melalui proses fermentasi; metode analisis mikrobiologi; prinsip dan sistem keamanan pangan serta praktek sanitasi hygiene. | |
Mampu memahami dan menguasai prinsip keteknikan pangan/hasil pertanian; prinsip unit operasi dan unit proses pada skala industri pangan/hasil pertanian, prinsip metode pengawetan dan pengemasan; prinsip pengelolaan limbah dari pengolahan pangan lokal berbasis pulau-pulau kecil | |
Mampu memahami dan menguasai prinsip biokimia, konsep dasar ilmu gizi dan hubungan antara konsumsi pangan dengan status gizi; fungsi dan peranan pangan/hasil pertanian terhadap kesehatan; perubahan zat gizi selama pengolahan dan penyimpanan; teknik laboratorium dasar dalam analisis biokimia | |
Mampu memahami dan menguasai metode analisis dan pengujian sifat sensoris pangan, prinsip jaminan dan pengendalian mutu, peraturan dan regulasi pangan; analisis statistika dalam bidang ilmu pangan/hasil pertanian | |
Mampu memahami dan menguasai prinsip manajemen dan kewirausahaan dalam bidang pangan/hasil pertanian. |